Prodi Magister Ekonomi Syariah UIN Sumatera Utara Laksanakan Pengabdian Internasional di Thailand

Prodi Magister Ekonomi Syariah UIN Sumatera Utara Laksanakan Pengabdian Internasional di Thailand

Sebagai bentuk nyata dari pelaksanaan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat, Program Studi Magister Ekonomi Syariah UIN Sumatera Utara mengadakan kegiatan pengabdian internasional. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tema “Natural Resources Industry Development and Halal Certification.” dan diadakan di daerah Singkhla, Thailand, dan difokuskan pada pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM).

Prof. Dr. H. Muhammad Syukri Albani Nasution, M.A., selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara, menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat daya saing internasional dosen FEBI UIN Sumatera Utara. Sesuai dengan visi dan misi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, kegiatan ini diharapkan dapat mendukung terciptanya program studi yang unggul dalam pengkajian, pengembangan, dan penerapan ilmu ekonomi syariah yang berwawasan global. Visi tersebut menyasar pada upaya untuk mencetak lulusan yang tidak hanya mandiri, tetapi juga mampu berkontribusi di tingkat internasional menuju tahun 2039.

Pengembangan Industri Sumber Daya Alam dan Sertifikasi Halal: Peningkatan UMKM Melalui Kopi Indonesia

Kaprodi Magister Ekonomi Syariah UIN Sumatera Utara, Maryam Batubara, M.A., Ph.D., menambahkan bahwa tema pengabdian ini berfokus pada pengembangan industri berbasis sumber daya alam dengan sentuhan sertifikasi halal. Pengenalan kopi Indonesia dan teknik meracik kopi merupakan bagian dari upaya meningkatkan daya saing UMKM di Thailand, khususnya di daerah Singkhla, yang memiliki potensi besar dalam sektor kopi.

Arsyadona, S.Si, MM., yang merupakan salah satu dosen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam UIN Sumatera Utara yang turut serta dalam kegiatan ini, menyampaikan bahwa kolaborasi internasional ini merupakan langkah strategis dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan UMKM di Thailand, khususnya dalam industri kopi. “Dengan mengajarkan cara meracik kopi yang benar, kami berharap dapat membantu UMKM di Thailand untuk meningkatkan kualitas produk mereka sehingga dapat bersaing di pasar global,” ujarnya. Ia juga menekankan pentingnya sertifikasi halal dalam industri ini, yang semakin dibutuhkan dalam memenuhi standar internasional.

Seni Meracik Kopi dan Peningkatan Kualitas UMKM

Dalam kegiatan ini, para dosen memperkenalkan seni meracik kopi kepada para pelaku UMKM di Thailand. Untuk menghasilkan kopi terbaik, kuncinya adalah pemilihan biji kopi berkualitas. Seni meracik kopi mencakup serangkaian proses, mulai dari pemilihan biji kopi, metode penyeduhan, hingga takaran bahan yang tepat, yang semuanya berperan penting dalam menciptakan cita rasa kopi yang istimewa.